Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

3 Cara Optimasi Konten Website SEO-friendly

3 cara optimasi konten marketing
3 cara optimasi konten website SEO-friendly

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka cara kita juga harus optimal. Kamu bisa menerapkan hal serupa saat membuat sebuah konten baik untuk website maupun blog. Alhasil, konten tersebut akan lebih ramah SEO. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan cara optimasi konten website.

SEO atau search engine optimization adalah sebuah upaya untuk mengoptimalkan website supaya berada di hasil pencarian teratas. Salah satu cara optimasinya adalah dengan membuat konten.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa konten sangat berperan penting untuk pemasaran dengan cara digital marketing. Tujuan dari pembuatan konten ini adalah agar popularitas produk atau brand meningkat di dunia maya.

Ingin tahu cara mengoptimalkan SEO untuk konten website? Kamu bisa mencoba beberapa cara, seperti:

Buat Strategi dan Konten yang Sesuai dengan Kebutuhan Audiens

Untuk bisa melakukan optimasi konten website, pastikan terlebih dahulu kamu sudah memiliki strategi konten marketing. Sangat penting untuk memiliki tujuan dari pembuatan konten. Pada umumnya, ada beberapa tujuan dari pembuatan konten marketing, mulai dari, brand awareness, pengenalan produk, informasi layanan, launching produk baru, hingga pengetahuan tambahan.

3 cara optimasi website
Gambar dari Unsplash

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan riset audiens atau target pasar kamu. Data yang didapatkan bisa kamu gunakan untuk menentukan strategi marketing yang sesuai dengan tujuan.

Jadi, konten harus dibuat semenarik dan seunik mungkin. Yang paling penting adalah konten bisa menjadi solusi dari permasalahan yang audiens hadapi. Alasan mereka kemudian mencari kamu melalui dunia maya adalah untuk memecahkan masalah dengan cara yang tepat.

Agar audiens tertarik dengan produk atau layanan kamu, sertakan Call to Action atau CTA. Audiens akan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis kamu melalui ajakan yang kamu buat.

Penempatan Keyword yang Tepat

Untuk membuat konten yang ramah SEO, apakah kamu sudah melakukan riset keyword? Dengan memilih kata kunci yang sesuai, kamu akan mampu membuat artikel yang cocok. Jika masih bingung cara melakukannya, mengapa tidak menggunakan jasa pembuatan konten atau artikel? Sekarang ini, banyak perusahaan yang menyediakan artikel untuk kebutuhan konten kamu.

Hal lain yang perlu kamu ingat adalah penggunaan judul. Target market kamu akan penasaran dengan jenis bisnis apa yang kamu tawarkan melalui judul yang mereka temukan saat menggunakan mesin pencari. Keyword atau kata kunci juga sebaiknya kamu tempatkan di judul.

Karena konten kamu tidak hanya dibuat untuk manusia tetapi juga mesin pencari, menempatkan keyword di paragraf pertama. Tahu kenapa? Google sebagai mesin pencari akan lebih bisa memahami isi artikel kamu saat melakukan crawling. Ini tentu saja memberikan kamu kesempatan yang lebih besar untuk bisa menempati posisi teratas di mesin pencari.

Kamu juga harus menyebarkan keyword di seluruh artikel, tapi jangan sampai berlebihan. Kamu akan mudah terjebak pada keyword stuffing jika penggunaan keyword tidak divariasikan dengan short-tail keyword dan long-tail keyword. Pada akhirnya, kesalahan ini merugikan website kamu.

Short tail keyword bisa kita sebut sebagai kata kunci yang singkat dan terdiri dari 1 atau 2 kata. Karena penggunaan keyword ini kurang spesifik, biasanya tingkat persaingannya juga sangat tinggi.

Sedangkan long-tail keyword kata kunci yang spesifik serta memiliki volume kecil. Dengan begitu, persaingannya juga lebih rendah.

Penggunaan URL yang SEO-friendly

3 cara optimasi konten website
Gambar dari Pixabay

Memang benar jika judul yang kamu buat kaan otomatis menjadi URL artikel. Namun, untuk mengoptimasi konten agar lebih ramah SEO, coba berikan perhatian khusus pada URL. Gunakan link pendek yang terdiri dari 3-5 kata saat hendak membuat URL yang SEO-friendly. Dengan kata lain, judul konten dan URL tidak harus sama.

3 cara optimasi konten website di atas bisa kamu coba kapanpun. Akan tetapi, jangan hanya berhenti di pembuatan konten. Bagaimanapun juga, kamu harus memantau dan mengevaluasi konten yang sudah kamu buat. Lakukan strategi kamu secara maksimal hingga konten website kamu benar-benar optimal dan website kamu selalu berada di hasil pencarian tertinggi.

Meskipun membutuhkan kesabaran, waktu, dan usaha yang lebih, tetapi hasilnya sangat baik untuk bisnis kamu, terlepas dari apapun produk atau layanan yang kamu tawarkan. Untuk mendapatkan konten yang sesuai, kamu bisa menghubungi penyedia konten SEO-friendly.