Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

8 Alasan Memelihara Kucing, Si Hewan Lucu dan Menggemaskan

Alasan memelihara kucing

Kucing merupakan hewan berbulu yang tingkah lakunya selalu menggemaskan. Mungkin ini salah satu alasan memelihara kucing. Hewan satu ini sangat mudah kamu jumpai di banyak tempat.

Sayangnya, tidak semua orang suka binatang satu ini terlebih mereka yang punya alergi bulu hewan dan takut kucing. Jika masih maju mundur dalam membuat keputusan untuk mengadopsi kucing, coba pertimbangkan alasan orang memelihara kucing.

Tingkahnya yang Aneh

Satu dari banyaknya alasan suka memelihara kucing adalah tingkah kucing yang aneh namun tetap lucu dan menggemaskan. Tidak jarang pula mereka melakukan hal-hal yang berbahaya. Anehnya, pecinta kucing tetap menyukai setiap keanehan tersebut. Bahkan, hal tersebut malah menjadi hiburan tersendiri yang bisa membuat pemiliknya tersenyum hingga tertawa lepas.

Menghilangkan Stres

Tekanan dan banyaknya aktivitas setiap hari bisa membuat kamu mudah stres. Alhasil, ini berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Sebagai salah satu upaya menghilangkan stres, kamu bisa mulai memelihara dan bermain dengan kucing.

Percaya ataupun tidak, mereka yang memilih kucing sebagai hewan peliharaan memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah. Ada juga penelitian yang mengungkapkan bahwa kucing juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Apakah kamu merasa begitu?

Dopamin dan serotonin dalam tubuh manusia juga bisa meningkat hanya dengan memelihara kucing yang menggemaskan. Kedua hormon tersebut berperan dan mengurangi stres. Tidak hanya itu, keduanya jua bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Menemani di Saat Terpuruk

Meski kucing tidak bisa membalas ucapan, bukan berarti mereka tidak mengerti apa yang manusia katakan dan rasakan. Saat berada dekat kucing, kamu mungkin merasa lebih tenang terlebih saat mengelus bulu-bulunya.

Kamu akan merasa kecemasan semakin berkurang bahkan di saat terpuruk sekalipun. Kucing kamu mungkin suka mendengarkan curahan hati dan cerita yang kamu utarakan. Jadi, kamu merasa memiliki pendengar yang baik.

Perawatan yang Mudah

Merawat kucing tidak merepotkan. Perawatan kucing yang mudah bisa kamu jadikan sebagai alasan memelihara kucing. Kucing tua bisa tinggal sendiri selama beberapa hari, jadi kamu bisa meninggalkan mereka tanpa khawatir saat harus pergi ke luar kota.

Meski demikian, pastikan stok makanan kucing tercukupi hingga hari kamu pulang. Akses ke air an tempat kotoran juga harus kamu perhatikan.

Suka Bermain

Ya, kucing memang suka sekali bermain bahkan hanya dengan sebuah kardus. Mereka bisa main setiap waktu dan tetap lincah. Ini karena mereka tidak mengeluarkan energi untuk mencari makanan. Dengan demikian, energi yang tersimpan bisa digunakan untuk bermain.

Mengatasi Rasa Kesepian

Meski sering bertemu atau sedang berada diantara banyak orang, tidak sedikit individu yang merasa kesepian entah karena alasan apa. Jika hal ini terus terjadi berlarut-larut, tentu tidak baik untuk kesehatan terutama mental.

Kamu sering menyendiri karena merasa tidak nyaman berada di tengah-tengah keramain? Manusia memiliki kebutuhan akan sentuhan, teman bermain, dan teman berbicara. Saat memelihara kucing, kamu bisa mendapatkan semua manfaat tersebut.

Saat bermain dengan kucing, kamu tidak hanya memberi tetapi juga menerima cinta. Ini menjadi bentuk take and give yang nyata.

Membantu Menjaga Lingkungan

Yakin bahwa kucing itu menjengkelkan? Bagi mereka yang suka dengan kucing justru sebaliknya. Kucing bahkan bisa membantu menjaga kebersihan lingkungan. Kamu bisa mengajarkan mereka cara buang air di tempat yang amu sediakan.

Kucing berburu serangga dan tikus, jadi rumah kamu lebih bersih dan bebas hewan-hewan tersebut. Kucing sangat waspada dalam berjaga sehingga kamu tidak perlu takut akan ada tikus bersarang di dalam rumah.

Menumbuhkan Rasa Peduli

Berapapun jumlah kucing yang ada di rumah, mereka bisa membantu menumbuhkan kepekaan dan kepedulian kamu terhadap sesama. Kamu juga bisa belajar mengendalikan emosi dari kebiasaan kucing merespon sikapmu. Disadari ataupun tidak, kemampuan komunikasi dan kepedulian terhadap sesama akan meningkat.

Dengan segudang alasan memelihara kucing, kamu pasti sudah tidak sabar memiliki hewan mungil satu ini. Ia akan menemai hari-hari kamu dengan polah tingkah nya yang selalu diluar dugaan dan tanpa bisa kamu prediksi. Sudah pernah mendengar kucing saat tidak sabar ingin mendapatkan makan? Coba dengarkan dan kamu akan menyukainya.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.