Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Waspada! Ini 8 Bahaya Obesitas yang Mengancam Kesehatan

8 bahaya obesitas

Tidak jarang kita mendengar pernyataan “tidak apa-apa gendut yang penting sehat”. Sayangnya, hal tersebut harus harus kita waspadai karena berat badan berlebih bisa membawa pada obesitas. Apakah obesitas bahaya?

Selain mudah merasa lelah, orang yang memiliki badan yang terlalu gemuk juga rentan terkena berbagai penyakit berbahaya. Berat badan berlebih atau obesitas adalah kondisi kronis yang diakibatkan oleh penumpukan lemak di dalam tubuh yang sangat tinggi. Kondisi ini terjadi jika indeks massa tubuh seseorang adalah 30 atau lebih.

Obesitas bukan hanya tidak baik untuk penampilan tetapi juga untuk kesehatan. Kamu juga mungkin bertanya-tanya apakah bahaya obesitas pada anak dan orang dewasa? Pola hidup tidak sehat yang berlanjut mengakibatkan lemak di badan menumpuk dari waktu ke waktu. Karena ini bukan hanya tentang kenyamanan tetapi juga kesehatan, jadi kamu harus tahu apa saja dampak atau bahaya obesitas.

Sekadar informasi, obesitas bahkan bisa memperparah kondisi penderita Covid-19. Adapun beberapa bahaya obesitas pada pria dan wanita adalah sebagai berikut.

Gangguan Pencernaan

Yakin jika orang dengan berat badan berlebih masih bisa merasa nyaman dalam menjalani berbagai aktivitas? Jika sering mengalami masalah pada gangguan pencernaan, penderita obesitas semakin merasa tidak nyaman. Beberapa gangguan pencernaan yang bisa muncul akibat obesitas termasuk masalah pada empedu dan organ hati. Tidak jarang pula mereka mengalami heartburn.

Heartburn adalah sensasi perih serta panas seperti terbakar pada dada. Meski dinilai umum dan normal, tapi kamu harus mulai waspada jika hal ini muncul secara berulang kali. Kondisi ini juga tentunya membutuhkan penanganan yang serius.

Kesulitan dalam Bernapas

Sulit bernapas dan napas yang cenderung pendek sangat sering dialami oleh orang orang yang memiliki berat badan berlebih atau yang biasa dikenal sebagai obesitas. Penyebabnya adalah lemak yang menumpuk pada daerah dada dan leher sehingga mereka sulit untuk menghirup dan mengeluarkan udara.

Depresi

depresi
sumber : Pixabay – Wokandapix

Siapa bilang obesitas tidak ada hubungannya dengan kesehatan mental. Banyak yang merasa tidak bahagia dan bahkan depresi karena mereka merasa dirinya gendut. Orang dengan kondisi badan seperti ini cenderung lebih mudah stres karena merasa rendah diri. Jika hal tersebut dibiarkan tanpa penanganan yang benar, ini akan berbahaya bagi kesehatan mental.

Hipertensi

Salah satu risiko dari obesitas adalah peningkatan tekanan darah perifer. Tidak sedikit pengidap obesitas yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius yaitu penyakit jantung.

Penyakit Asam Lambung atau GERD

Mereka dengan badan yang terlalu gemuk berisiko lebih tinggi terkena GERD dibandingkan orang-orang dengan berat badan normal atau ideal. Tahukah kamu? Berat badan yang berlebih bisa meningkatkan tekanan pada bagian perut sehingga bisa memicu kenaikan asam lambung.

Sleep Apnea

sleep apnea
Sumber : Pexels – Elvira Gibadullina

Tidur berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan. Sayangnya, banyak orang di luar sana yang tidak bisa mendapatkannya. Bahkan, ada dari mereka yang sering mengalami masalah gangguan tidur, termasuk sleep apnea.

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang tidak boleh kita anggap sepele. Kondisi ini membuat seseorang berhenti bernapas selama sepuluh detik. Ini bisa terjadi selama beberapa kali saat ia sedang tidur. Ketika berbadan gemuk, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami masalah tidur ini.

Penumpukan lemak di leher bisa mengganggu jalan napas yang kemudian menyebabkan sleep apnea. Jangan anggap sepele masalah kesehatan yang satu ini karena sangat bisa mempengaruhi kinerja jantung serta pembuluh darah. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko diabetes dan stroke.

Varises

Saat vena melebar karena lemahnya dinding pembuluh darah, terjadilah varises. Tanda munculnya varises adalah gumpalan pembuluh darah yang berwarna ungu atau biru. Kegemukan atau obesitas bisa menyebabkan kondisi ini.

Diabetes

diabetes
Sumber : Pexels – Nataliya Vaitkevich

Diabetes bisa terjadi akibat kegemukan. Ini menjadi bukti lain kenapa obesitas itu berbahaya. Obesitas bisa mempengaruhi cara tubuh dalam menggunakan insulin. Saat insulin tidak bekerja secara optimal, maka tubuh akan sulit untuk mengontrol gula darah sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes.

Hal tersebut terjadi karena obesitas menyebabkan respon sel beta pankreas terhadap peningkatan glukosa menjadi menurun. Jumlah reseptor insulin juga akan berkurang.

Selain berbagai penyakit dan gangguan kesehatan di atas, masih ada banyak kondisi kesehatan yang mungkin terjadi sebagai akibat dari berat badan tubuh yang berlebih. Lemak yang menumpuk juga bisa memicu bahaya obesitas pada ibu hamil.

Tentunya menjaga berat badan tubuh agar tidak berlebih sangatlah penting. Caranya adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat termasuk mengontrol asupan makanan dalam tubuh dan olahraga teratur.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan ragu untuk selalu mengunjungi terasartikel saat ingin memperbarui informasi.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.