Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Kenali 5 Bahaya Stres Bagi Kesehatan Tubuh

bahaya stres

Stres tidak bisa kita anggap sepele. Dewasa ini, kita begitu mudah merasa stres dan tertekan. Penelitian terbaru mengungkapkan adanya beberapa efek stres terhadap kesehatan mental dan fisik. Lalu, seberapa bahaya stres untuk tubuh?

Stres bisa dengan mudah terjadi karena berbagai faktor. Deadline pekerjaan, masalah rumah tangga, hingga kondisi keuangan tidak jarang memicu stres. Jika sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini, kamu harus mampu mengelola stres agar bisa menghindari bahaya stres bagi kesehatan.

Apa Itu Stres

Agar bisa menemukan cara menghilangkan atau minimal mengurangi gejala stres, kamu harus paham dulu apa itu stres. Dalam kondisi apa seseorang dikatakan stres?

Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional jika ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan ia menyesuaikan diri. Stres merupakan bagian alami bagi kehidupan namun memiliki peranan penting. Akan tetapi, jika berlangsung lama, maka bisa mengganggu kesehatan.

Bahaya Stres Pada Kesehatan

Seperti apa bahaya stres berkepanjangan? Saat tidak bisa mengelola stres dengan baik, bukan tidak mungkin kamu merasakan penurunan kesehatan tubuh. Selain itu, dalam kasus terparah, stres juga bisa memicu berbagai penyakit serius.

Penyumbatan Pembuluh Darah

Percaya atau pun tidak, stres dapat mempengaruhi kinerja otak. Dalam kondisi stres, otak bekerja lebih berat dan mengubahnya menjadi mesin panas yang juga memberikan banyak respon pada tubuh di waktu yang bersamaan.

Kemudian, respon tersebut memompa adrenalin ke tubuh dan membuat detak jantung bertambah cepat. Tekanan darah juga semakin meningkat sehingga bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Serangan jantung dan stroke adalah penyakit yang diakibatkan oleh bahaya stres kerja yang tidak terkendali dengan baik.

Memicu Keguguran pada Ibu Hamil

Menjaga kesehatan adalah sebuah keharusan, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Meskipun stres pada masa kehamilan adalah sesuatu yang normal, tapi tidak ada yang bisa menjamin bahwa para ibu tidak merasa stres secara berlebihan.

Salah satu bahaya stres pada ibu hamil adalah bisa menjadi pemicu keguguran. Ada sebuah studi di tahun 2017 yang meninjau hubungan stres prenatal dengan peningkatan resiko keguguran.

Ibu hamil yang mengalami peristiwa buruk dan terkena stres secara psikologis dua kali lebih rentan terhadap keguguran. Saat stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang mungkin masuk ke plasenta.

Tidak sampai disitu, stres di tempat kerja juga bisa memicu keguguran. Para ibu hamil harus mulai melakukan penyesuaian kerja. Terlebih jika pekerjaan mereka mengharuskan untuk bepergian atau bekerja dengan cara shifting.

Terserang Depresi dan Kecemasan

Tahukah kamu jika stres kronis ada hubungannya dengan depresi dan kecemasan? Saat stres, kamu mungkin akan merasa lebih cemas dan depresi. Sebuah studi dan survei menemukan bahwa tuntutan pekerjaan dan upah yang sedikit bisa meningkatkan risiko terkena depresi sebesar 80 persen.

Mempengaruhi Imun Tubuh

Pada saat stres, tubuh merangsang imun tubuh untuk bekerja. Stres yang bersifat sementara akan membantu tubuh mencegah infeksi serta penyembuhan luka. Sayangnya, jika stres terjadi dalam waktu yang lama, maka tubuh akan melepaskan hormon kortisol.

Pelepasan hormon tersebut menghambat pelepasan histamin dan respon peradangan untuk melawan zat asing. Stres yang berlebihan membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit. Dari sini mungkin kamu tahu kenapa kamu mudah terserang influenza atau penyakit infeksi lain. Tidak menutup kemungkinan juga tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dari cedera atau sakit.

Mempercepat Proses Penuaan

Tua memang pasti dan tidak bisa dihindari, bukan? Sayangnya, kebiasaan buruk dan gaya hidup tidak sehat bisa mempercepat proses tersebut, termasuk stres. Stres bisa mempengaruhi penampilan seseorang sehingga terlihat lebih tua.

Yang mengejutkan adalah penuaan yang sangat cepat sekitar 9 hingga 17 tahun lebih cepat pada mereka yang hidup dengan tingkat stres tinggi.

Itu hanya sebagian dari bahaya stres bagi tubuh dan kesehatan. Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, kamu harus bisa mengelola stres agar tidak memberikan dampak negatif yang akan disesali di kemudian hari.

Jika tertarik untuk memperbanyak informasi seputar stres, kesehatan mental, dan gaya hidup sehat, jangan sungkan untuk mengunjungi terasartikel.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.