Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Catat, Ini Dia 4 Cara Jaga Kesehatan Baterai iPhone Serta Tipsnya!

cara jaga kesehatan baterai iPhone

Semakin banyak pengguna iPhone dewasa ini. Ini juga yang menjadi alasan semakin banyak orang yang bertanya bagaimana cara jaga kesehatan baterai iphone. Kesehatan baterai smartphone adalah hal yang penting agar ponsel bisa bekerja dengan optimal.

Pengguna iPhone dengan iOS minimal 11.3 bisa menikmati fitur yang memungkinkan mereka mengetahui serta memantau kesehatan baterai pada perangkat iPhone mereka. Perawatan yang tepat bisa membuat baterai memiliki umur atau daya pakai yang lebih lama. Sayangnya, terlalu banyak mitos di luar sana yang salah kaprah perihal penggunaan perangkat iPhone tanpa terkecuali penggunaan serta kesehatan baterai.

Sebagai salah satu pengguna iPhone, kamu mungkin berusaha sebaik mungkin merawat semua komponen iPhone termasuk baterai. Seperti yang kita tahu bahwa harga smartphone yang satu ini cukup mengelus dada, sehingga para penggunanya sangat berhati-hati dalam menggunakannya.

Memang benar jika umur baterai akan menurun seiring berjalannya waktu. Hal ini sangat wajar karena iphone digunakan setiap hari. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir perihal battery health iphone yang mulai menurun. Ada beberapa cara dan tips yang bisa kamu terapkan agar bisa menjaga kesehatan baterai iPhone.

Cara Melihat Kesehatan Baterai iPhone

Battery health atau kesehatan baterai adalah fitur pemantau kesehatan baterai di iPhone yang melengkapi kehadiran iOS 11.3 di tahun 2018 silam. Pengguna iPhone dengan versi iOS ini hingga yang paling baru bisa menikmati fitur satu ini. Untuk melihat kesehatan baterai pada iPhone, kamu hanya tinggal masuk ke menu Settings > Battery > Maximum Capacity.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Meski sangat berguna dalam memantau kesehatan baterai handphone, tetapi para pengguna iPhon juga sering merasa khawatir saat persentase kesehatan baterai yang terus menurun. Pastikan kamu tidak stres, apalagi setelah tahu tips serta cara yang tepat untuk menjaga kesehatan baterai dari iPhone.

Hindari Suhu Tinggi

Menghindari suhu tinggi menjadi salah satu cara mudah agar kesehatan baterai iphone tetap terjaga. Ini berarti bahwa kamu harus memastikan ponsel milikmu tidak berada di lingkungan dengan temperatur yang tinggi. Menurut penjelasan dari Apple, mereka merancang iPhone bekerja di suhu ruang 16 sampai 22 derajat celcius.

Suhu ruangan di atas 35 derajat celcius bisa merusak kapasitas baterai bahkan secara permanen. Kondisinya akan semakin parah jika kamu mengisi daya baterai ponsel di ruangan dengan suhu tinggi.

Jangan Tunggu Sampai iPhone Lowbat

 

Jangan Tunggu Sampai iPhone Lowbat

Memang asyik menggunakan iPhone untuk berbagai keperluan. Biasanya kita merasa tanggung dan memilih charging ponsel beberapa menit kemudian karena sedang menikmati games atau tontonan yang asik. Sayangnya, ini adalah sebuah kebiasaan yang akan memperburuk kondisi kesehatan baterai iPhone.

Untuk tetap menjaga baterai ponsel kamu dalam keadaan sehat, jangan tunggu hingga baterai lowbat. Kamu bisa melakukan pengisian daya saat persentase baterai sudah berada di 22%. Untuk melepas charger juga tidak perlu menunggu hingga 100% atau full charged. Jika sudah mencapai 80%, kamu bisa melepas charger dan kembali menggunakan ponsel.

Lepaskan Case Saat Mengisi Daya Baterai

Ini memang bukan hal yang sulit tetapi terkadang kita malas untuk melakukan hal sepele semacam ini. Pasalnya, beberapa jenis case untuk iPhone cukup tebal dan bisa menghasilkan panas yang lebih tinggi selama proses charging. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa suhu panas akan berpengaruh pada kesehatan serta kapasitas baterai.

Gunakan Hanya Charger Original atau yang Berkualitas

Gunakan Hanya Charger Original atau yang Berkualitas

 

Charger KW atau tiruan memang bisa dengan mudah didapatkan dengan harga yang jauh lebih murah. Membeli produk seperti ini mungkin nampak sebagai cara menghemat uang. Padahal kenyataannya tidak karena charger semacam ini bisa merusak kesehatan baterai iPhone.

Selain menggunakan charger original, kamu juga bisa memilih produk dengan MFi atau Made for Iphone/iPad/iPod). MFi itu sendiri merupakan program dari Apple yang menawarkan lisensi kepada para vendor charger. Untuk mendapatkan lisensi tersebut, para vendor tentu saja harus lulus uji serta memenuhi persyaratan untuk tujuan keamanan dan kompatibilitas.

Tips Lain Untuk Kamu

Agar kesehatan baterai iPhone tetap terjaga, kamu juga bisa melakukan beberapa hal dalam menggunakan iPhone.

  • Pastikan untuk selalu melakukan update ke software terbaru.
  • Saat dibutuhkan, kamu bisa menggunakan low power mode.
  • Turunkan kecerahan layar agar bisa menghemat penggunaan baterai.
  • Matikan layanan lokasi dan Bluetooth
  • Gunakan Mode Gelap atau Dark Mode untuk iOS dan aplikasi yang mendukung.
  • Sesuaikan penggunaan baterai pada aplikasi yang cukup menghabiskan baterai.
  • Nonaktifkan Background App Refresh.
  • Jangan lupa untuk memanfaatkan Optimized Battery Charging dimana iPhone akan berhenti melakukan pengisian daya setelah mencapai 80%.

Apakah kamu sudah mulai menerapkan cara jaga kesehatan baterai iPhone di atas? Jika belum, kamu bisa memulainya sekarang dan pastikan untuk tidak mudah terpengaruh oleh mitos seputar baterai iPhone.

Jika artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya dengan orang lain yang membutuhkan. Atau kamu juga bisa kembali mengunjungi teras artikel untuk informasi lain.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.