Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

11 Tips Memulai Fotografi di Smartphone

Fotografi di Android

Kita sering melihat postingan atau foto para pengguna Instagram atau medial sosial lainnya yang begitu menarik. Tidak jarang juga kita berpikir bahwa semua itu adalah hasil jepretan tangan sang ahli. Nyatanya, tidak semua foto diambil oleh sangat ahli. Mereka yang masih belajar atau baru mencoba peruntungan di dunia fotografi juga, tentu saja, mampu menghasilkan foto yang tidak kalah bagus. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fotografi di smartphone.

Jadi, apakah kamu tertarik dengan fotografi, namun tidak tahu bagaimana harus memulai mengasah bakat dan kemampuan? Hal penting yang harus diingat adalah apakah kamu memang memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkan mimpi. Akan lebih baik jika memang fotografi adalah hobi atau passion kamu.

Permasalahan selanjutnya adalah ketidaktersediaannya fasilitas atau alat yang layak. Memang benar fotografer profesional membutuhkan kamera yang mendukung. Akan tetapi, sebagai pemula, dimana kamu masih harus belajar, mengapa tidak menggunakan Android yang dimiliki?

Tentu saja fotografi di smartphone tidak asing ditelinga kamu, buka? Nah, sekarang coba ambil handphone kamu dan mulailah mimpi kamu dengan device tersebut. Sudah siap? Mari kita belajar fotografi dengan kamera Android.

Penggunaan Ponsel yang Tepat

Memang benar bahwa setiap pengguna ponsel bisa belajar memotret. Akan tetapi, jangan lupa bahwa tidak semua ponsel menjadi pilihan yang tepat untuk keperluan fotografi yang profesional. Ingat kembali tujuan kamu mengambil foto, apakah hanya sekedar untuk seru-seruan saja atau agar setiap hasil jepretan memiliki nilai fotografi dan seni.

Penggunaan ponsel dengan fitur kamera yang mendukung akan mampu memberikan hasil yang lebih maksimal. Jadi, kamu pun akan semakin puas dan terus bersemangat untuk belajar cara menjadi fotografer profesional bermodalkan Android.

Jangan hanya berfokus pada Android, karena nyatanya iPhone juga bisa kamu gunakan untuk mulai belajar memotret, apapun objeknya. Yang terpenting adalah memanfaatkan device kamu semaksimal mungkin sebelum memiliki device fotografi yang lebih mumpuni dan profesional.

Penggunaan HDR

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range dan biasanya digunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan dinamis. Dengan fitur HDR ini, peningkatan pencahayaan dilakukan secara otomatis yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi objek.

Namun, pastikan kamu juga tahu kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur HDR. Fitur ini sangat membantu mereka yang belum terlalu mahir menentukan sudut pencahayaan. Sehingga, hasil foto akan lebih cerah atau terang.

Kenali Batasan Kemampuan Ponsel yang Kamu Gunakan

Sebagai pemilik Android yang selalu menggunakannya untuk berbagai keperluan, kamu mungkin sudah tahu betul kemampuan ponsel kamu, bukan? Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu pula dengan sebuah ponsel sepintar apapun itu.

Beberapa hal yang harus selalu kamu perhatikan adalah:

  • Kualitas kamera yang akan berpengaruh terhadap hasil jepretan atau foto
  • Resolusi kamera ponsel
  • Penggunaan jenis lensa
  • Periksa resolusi tertinggi ponsel

Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan apakah ponsel kamu lebih bagus jika digunakan untuk memotret di siang atau malam hari. Dengan mengenali plus dan minus ponsel, kamu akan lebih kreatif dan mengeksplorasi fitur yang ada di Android atau smartphone tersebut untuk tujuan fotografi.

Mulai Pelajari Berbagai Setting Ponsel Kamu

Mendapatkan hasil fotografi di smartpone terbaik tentu saja butuh usaha. Jangan sampai kamu lupa bahwa segala hal dengan hasil baik itu dimulai dengan cara belajar. Bukankah tidak ada cara instan di dunia ini? Tidak mungkin juga mereka yang sudah profesional di dunia fotografi mampu membangung mimpinya hanya dalam waktu semalam.

Saat mempelajari dan mencoba berbagai setting di ponsel, kamu akan mengetahui lebih jauh tentang berbagai mode termasuk HDR, portrait, dan lainnya. Efek bokeh juga tidak kalah seru untuk dicoba.

Memahami Dasar-dasar Komposisi Foto

Sudah tahu apa saja dasar-dasar komposisi foto? Singkatnya, komposisi dalam fotografi adalah susunan gambar dalam batasan ruang. Tentu saja, sangat penting untuk mengetahui cara menyusun berbagai elemen objek dari sebuah foto. Dengan mengatur komposisi dalam fotografi, foto yang dihasilkan, kemudian, memiliki keseimbangan objek. Ini juga bisa digunakan untuk membiasakan mata kamu menangkap berbagai elemen atau unsur saat mengambil sebuat foto.

Peka Terhadap Cahaya

Peka terhadap cahaya
sumber : Pixabay – Free Photos

Sebelum memotret, pastikan kamu selalu mempertimbangkan arah cahaya. Ya, mereka yang berhasil mendapatkan jepretan atau foto yang cantik bisa memanfaatkan bantuan cahaya, apakah dari samping atau belakang. Objek akan lebih tajam dan terang dengan bantuan cahaya matahari atau lampu. Jangan pernah remehkan cahaya yang berada di sekitar foto. Sebaliknya, selalu memanfaatkan cahaya tersebut.

Mengatur Stabilitas Tangan

Mengatur stabilitas tangan
sumber : Pixabay – Free Photos

Saat ini, mungkin kamu belum terbiasa memotret dengan tangan yang stabil. Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan diri. Banyak yang berpendapat bahwa memotret dengan kamera HP Android tidak begitu sulit.

Fitur kamera yang mumpuni tentu saja sangat dibutuhkan, tapi perhatikan juga stabilitas tangan saat memotret sebuah objek. Dengan kata lain, hasil jepretan juga tergantung pada tangan kamu. Memanfaatkan tripod adalah sebuah ide yang bagus guna menjaga stabilitas ponsel agar hasil jepretan lebih maksimal.

Mengatur Fitur ISO

Tahukan kamu jika ISO adalah salah satu fitur yang diberikan oleh hp Android? Fitur ini membantu mengatur tingkat sensitivitas lensa kamera terhadap cahaya. Tingkat ISO berpengaruh terhadap tingkat sensitivitas lensa hp. ISO bisa diatur dengan tingkat rendah jika cahaya disekitar objek dirasa sudah cukup. Sehingga, kamu bisa mengurangi noise pada hasil jepretan.

Hindari Memotret Objek yang Bergerak

Hindari memotret objek yang bergerak
sumber : Pixabay – Free Photos

Memang menarik memotret objek yang bergerak. Sayangnya, penggunaan kamere ponsel pada objek bergerak cukup berisiko. Fyi, kamera ponsel tidak secepat kamera DSLR atau mirrorless. Kemungkinan terbesar yang bisa kamu dapatkan adalah hasil foto yang blur, kabur, atau tidak jelas.

Lain cerita jika ponsel yang kamu gunakan adalah jenis Flagship dengan fokus yang cepat. Jenis ponsel ini tentu saja bisa menangkap objek dengan cepat. Lagi, lagi, memang harus kamu sesuaikan dengan jenis ponsel yang digunakan.

Hindari Penggunaan Filter

Beragam filter yang hadir melengkapi kamera tentu saja menarik untuk pemula coba. Eits, ini tidak berlaku untuk hasil foto berkualitas untuk tujuan profesional. Beberapa titik fokus dari foto bisa saja hilang. Jika hal ini terjadi, kamu harus mengambil ulang jepretan.

Alih-alih menggunakan sebuah filter, gunakan kemampuan edit foto. kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi foto editor yang sudah tersedia. Atau bahkan yang bisa kamu dapatkan dengan terlebih dahulu mendownloadnya.

Manfaatkan Aplikasi Fotografi Android Terbaik

Saat ini, ada begitu banyak aplikasi fotografi terbaik yang bisa dengan mudah pengguna Android atau iPhone gunakan. Untuk menemukan yang paling sesuai dengan tujuan fotografi, kamu bisa membaca ulasan dan review. Selain itu, teman yang terlebih dahulu terjun di dunia fotografi juga bisa memberikan saran. Pada akhirnya, kamu bisa mengkombinasikan semua itu dengan kemampuan dan pengetahuan yang sudah kamu miliki.

Jika kamu merasa bahwa tips ini masih kurang, tentu saja kamu bisa menambah referensi lain. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak pengetahuan dan ilmu bisa kamu dapatkan.

Kerja keras kamulah yang akan membuktikan bahwa kamu memang layak menjadi fotografer profesional meski memulainya dengan fotografi di smartphone. Selamat belajar dan berjuang! Jangan pernah ragu untuk selalu datang ke teras artikel saat mencari informasi apapun.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.