Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Dia 7 Manfaat Membaca Buku

Manfaat membaca buku

Apakah kamu menjadi salah satu orang yang suka membaca buku? Bagian sebagian orang, kegiatan yang satu ini menjadi hobi yang menyenangkan. Sayangnya, minat membaca buku di Indonesia masih rendah padahal ada banyak manfaat membaca buku yang bisa didapatkan.

Selain sebagai sarana hiburan dan menambah kemampuan, ada manfaat membaca buku menurut para ahli yang bisa meningkat kesehatan otak. Pernah mendengar hal tersebut?

Secara umum, ada beberapa manfaat yang bisa seseorang dapatkan jika sering membaca buku.

Mengurangi Stres

Dengan berbagai tekanan dalam kehidupan baik dalam urusan pribadi, keluarga, pertemanan, maupun pekerjaan, seseorang bisa mudah stres. Agar keadaan ini tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan, kita harus tahu cara mengelola dan mengurangi stres.

Selain memasak, membaca buku juga bisa membantu mengurangi stres. Tidak hanya saat membaca buku tetapi juga informasi lain, berarti kita sedang mengalihkan perhatian dalam kehidupan nyata. Pikiran yang stres dan tegang pun bisa mengendur.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of College Teaching and Learning, kebiasaan membaca buku minimal 30 menit setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah, frekuensi jantung, dan perasaan stres. Manfaat ini sama efektifnya dengan melakukan yoga atau menonton tayangan komedi atau humor.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kamu termasuk orang yang susah tidur? Tidur merupakan kebutuhan penting untuk setiap manusia. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dengan jam tidur yang sesuai kebutuhan.

Jika ini juga terjadi pada kamu, maka kamu bisa mulai membiasakan diri untuk membaca buku. Apa hubungan antara keduanya? Manfaat lain dari membaca buku fiksi adalah meningkatkan kualitas tidur.

Mereka yang rutin membaca buku sebelum tidur memiliki kecenderungan untuk bisa tidur lebih berkualitas. Tidak hanya itu, ini juga bisa menjadi cara agar terhindar dari masalah tidur yang banyak orang alami yaitu insomnia.

Meningkatkan Daya Ingat

Ada beberapa faktor penyebab daya ingat melemah. Seiring dengan bertambahnya usia, bukan tidak mungkin daya ingat kita semakin melemah. Beruntunglah mereka yang memiliki hobi membaca buku.

Meningkatkan daya ingat adalah salah satu manfaat membaca buku novel. Saat sedang membaca otak tidak hanya menguraikan kata-kata yang sedang kamu baca. Neurobiologis juga memproses gambar maupun ucapan yang muncul saat membaca.

Bagian otak akan mengatur penglihatan dan bahasa agar bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang lebih mudah untuk kamu pahami dan ingat. Jadi apakah sekarang kamu sudah memiliki alasan yang tepat untuk mulai membiasakan diri membaca buku?

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Komunikasi adalah sebuah kebutuhan untuk manusia terutama mereka yang sering bertemu dan terhubung dengan orang banyak. Baik secara formal maupun informal, kamu harus mampu membuat lawan bicara mengerti apa yang kamu sampaikan.

Jadi jika kamu ingin meningkatkan kemampuan komunikasi, jangan lupa untuk membaca buku setiap harinya. Saat kosakata bertambah, secara tidak langsung kemampuan komunikasi kamu juga menjadi lebih baik.

Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Masih ada manfaat lain dari membaca buku menurut penelitian, yaitu mencegah penurunan fungsi kognitif. Beberapa studi mempelajari hubungan antara kebiasaan membaca buku dengan penurunan fungsi kognitif pada lansia.

Hasilnya menunjukkan bahwa fungsi kognitif orang lanjut usia yang rajin membaca buku akan cenderung lebih meningkat. Akan tetapi, belum ada bukti bahwa kegiatan menyenangkan satu ini bisa mencegah penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Harapan Hidup

Belum banyak orang tahu jika membaca buku secara rutin sekitar 30 menit setiap hari bisa menurunkan angka kematian (mortalitas) sekitar 20%. Dengan demikian, kamu harus rajin membaca buku agar harapan hidup meningkat.

Tentunya jenis bacaan juga berpengaruh. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak membaca atau hanya membaca majalah dan koran, orang yang membaca buku cenderung hidup 2 tahun lebih lama menurut penelitian.

Menunjang Kemampuan Menulis

Membaca memberikan kamu kosakata yang lebih banyak. Bukan tidak mungkin kamu bisa meningkatkan kemampuan dalam menulis. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan dari membaca buku, semakin besar peluang untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan.

Dengan banyaknya manfaat membaca buku, kamu tidak perlu ragu lagi dalam menambahkan berbagai judul buku ke daftar bacaan, bukan? Kamu juga bisa melengkapi hobi membaca dengan mengakses terasartikel, dimana ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.