Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental: Ini Dia Cara Mudahnya!

menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental adalah topik yang selalu dibicarakan di berbagai kalangan. Yang juga menjadi hal penting yang harus selalu kita perhatikan dengan baik. Seperti kesehatan fisik, kita juga harus bisa menjaga kesehatan mental.

Tuntutan dan tekanan dalam kehidupan membuat seseorang mudah merasa stres. Hal ini juga bisa berakibat buruk pada kesehatan mental. Jika dibiarkan secara terus menerus, bukan tidak mungkin berbagai penyakit serta gangguan mental bisa menyerang.

Banyak faktor yang berkontribusi dalam menyerang stabilitas mental seseorang, seperti karir, bisnis, keluarga, pendidikan, percintaan hingga macet.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Karakter seseorang bisa berubah menjadi negatif jika masalah mental berlangsung secara konsisten dalam waktu yang lama. Terlebih di saat sekarang ini, menjaga kesehatan mental selama pandemi menjadi lebih penting.

Kesehatan mental adalah bagian penting dalam menjaga keseimbangan hidup. Memiliki mental yang sehat memungkinkan kamu untuk menjalankan aktivitas dengan baik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjalin hubungan yang sehat dengan orang di sekitar. Bahkan, kamu bisa lebih produktif dalam belajar ataupun bekerja.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, apabila seseorang mampu menyadari kemampuannya, menangani stres, bekerja dengan produktif, dan berkontribusi untuk lingungkan, maka ia dinyatak sehat secara mental.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Sebenarnya, menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dari cara yang paling sederhana. Langkah tersebut bisa kamu terapkan guna meningkatkan kualitas kesehatan mental. Alhasil, ini akan memberikan pengaruh baik pada semua aspek kehidupan.

Menikmati hobi atau kesukaan apapun jenisnya seperti memasak, membaca buku, atau sekedar mendengarkan musik bisa sangat membantu kamu agar tetap sehat secara mental. Berikut adalah sepersekian cara mudah menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan tanpa modal dan usaha yang berat.

Berpikir Positif

Menjaga kesehatan mental adalah salah satu tujuan dan alasan kenapa kita harus selalu memiliki pikiran yang positif. Kamu harus mampu membangun hal tersebut dalam keadaan apapun. Manusia hidup tidak bisa lepas dari masalah dan cobaan, jadi coba lihat dari sisi positifnya dan jangan lupa untuk tetap bersyukur.

Melakukan Aktivitas Fisik atau Olahraga

Saat berusaha menjaga mental tetap sehat, kamu berpotensi mendapatkan dan merasakan manfaat menjaga kesehatan mental. Salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga atau beraktivitas fisik. Mulailah dari aktivitas ringan seperti jalan pagi atau yoga.

Olahraga bisa menjadi terapi mencegah rasa cemas jika kamu rutin melakukannya sekitar 30 menit setiap hari. Selain meredakan tekanan dan stres, aktivitas fisik juga memicu pelepasan hormon endorfin. Kemudian, kamu akan mendapatkan energi positif sehingga kesehatan mental tetap terjaga.

Kurangi Asupan Berita

Karena mental lebih rentan terserang saat pandemik seperti sekarang, kurangi asupan berita sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mental saat pandemi covid-19.

Berita tentang peningkatan pasien Covid-19 bisa memicu stres dan merasa cemas. Jadi, alangkah lebih baik untuk mulai mengurangi asupan berita jika bisa berakibat buruk bagi kamu.

Dapatkan informasi dan berita hanya dari sumber terpercaya! Hindari berita yang mengandung hal-hal negatif yang bisa membuat kamu merasa tidak nyaman, takut, dan berpikir berlebihan.

Miliki Teman Bercerita

Dengan semua tekanan yang ada, bukan tidak mungkin kamu mudah merasa stres. Kamu butuh seseorang yang bisa mendengarkan serta memberikan masukan positif. Pilih orang yang bisa kamu percaya yang sudah terbiasa menjadi pendengar yang baik. Saat bercerita atau berbagi keluh kesah, kamu akan merasa lebih tenang dan kembali siap menjalani hidup.

Selain itu, kamu merasa ada seseorang yang peduli dan bisa menjadi support system. Tidak ada perasaan kesepian sehingga kamu akan merasa bahagia dan baik baik saja.

Self-talk

Berbicara sendiri bukan sebuah indikasi gangguan kesehatan mental. Justru ini bisa menjadi cara kamu dalam menjaga mental tetap sehat. Bicarakan hal apapun dan apa yang sedang kamu rasakan. Afirmasi positif yang disampaikan saat self-talk bisa menurunkan resiko gangguan kesehatan mental.

Dengan demikian, kamu juga mengurangi kecemasan, menghilangkan persepsi negatif, dan memiliki kesempatan untuk mampu mengontrol diri. Tidak ada yang mampu mengerti dan menghargai selain diri kamu sendiri. Karena kamu yang paling mengerti siapa kamu dan apa yang kamu mau.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Menuliskan hal-hal yang patut untuk kamu syukuri.
  • Makan dengan asupan gizi seimbang.
  • Tidur dan istirahat dengan cukup.
  • Menikmati hobi.
  • Pergi jalan-jalan.
  • Miliki quality-time dengan diri sendiri dan keluarga.

Dari sekian banyak cara menjaga kesehatan mental, yang mana yang sudah kamu terapkan? Ingat, menjaga kesehatan mental bukan hanya sebatas pernah tetapi harus dilakukan secara konsisten.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.