Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Olahraga untuk Pemula: Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini!

Olahraga untuk pemula

Sebenarnya, kita tahu bahwa menjaga tubuh tetap sehat itu penting dan berolahraga secara rutin dan tepat adalah salah satunya. Sayangnya, ada terlalu banyak alasan yang kita lontarkan sehingga selalu menunda dan pada akhirnya tidak memulai olahraga sama sekali. Untuk menyiasati hal tersebut, coba mulai dengan olahraga ringan dengan menemukan olahraga untuk pemula yang tepat.

Memang tidak mudah memulai kebiasaan baik, tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya, bukan? Agar bisa menyesuaikan dan melawan rasa malas, maka kamu bisa memulainya dengan mencari informasi seputar olahraga yang tepat untuk para pemula. Mulai dengan yang ringan dan paling menyenangkan sehingga tidak akan mudah membuat kamu merasa bosan.

Ketahui Durasi Berolahraga

Durasi olahraga

Kamu mungkin sedang bersemangat untuk memulai olahraga. Akan tetapi, ini bukan berarti kamu memeras keringat secara berlebihan. Oleh karena itu, ketahui berapa lama sebaiknya olahraga dilakukan.

Sebagai seorang pemula, kamu bisa menentukan target mingguan sesuai kesanggupan. Jadi, pastikan untuk memperhatikan kemampuan awal sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. Mengatur durasi bisa menghindarkan kita dari rasa bosan sehingga akan terus memiliki semangat dan motivasi untuk melakukan aktivitas fisik.

Meski hanya mampu 10 menit setiap hari, tidak masalah tapi pastikan kamu melakukannya dengan konsisten atau secara terus menerus. Saat sudah merasa nyaman dan terbiasa, kamu bisa menaikkan target.

Gerakan Olahraga untuk Pemula

Gerakan Olahraga untuk Pemula

Tidak jarang orang-orang bingung memilih jenis olahraga atau gerakan yang cocok untuk para pemula. Jika kamu pun demikian, maka coba beberapa jenis olahraga di bawah ini yang memang cocok untuk para pemula.

Push Up

Hampir semua orang tahu gerakan olahraga dasar yang satu ini karena kita sudah tahu bahkan dari waktu masih kecil. Fungsi dari gerakan ini adalah memperkuat otot bisep dan trisep  pada lengan.

Sit Up

Selain push up, kamu juga bisa melakukan sit up yang tergolong ringan dan mudah. Untuk memulainya, kamu tidak memerlukan alat apapun dan bisa kamu lakukan di mana saja. Sit up itu sendiri bertujuan untuk mengencangkan otot perut.

Naik Turun Tangga

Sebenarnya, naik turun tangga bagi sebagian orang merupakan hal yang lumrah. Mereka yang tinggal atau bekerja di gedung yang memiliki banyak lantai tanpa bantuan lift tentu harus menggunakan tangga setiap harinya. Nah, cara ini bisa kamu gunakan sekaligus sebagai alternatif olahraga untuk pemula.

Lari

Kamu memang harus keluar ruangan untuk bisa melakukan olahraga yang satu ini. Akan tetapi, kamu bisa sembari menikmati udara sejuk di pagi hari atau melihat suasana di sekitar yang biasanya kamu lewatkan karena lebih memilih berada di tempat tidur.

Jika memiliki alat fitness, olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan di dalam ruangan. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk membakar lemak serta menguatkan otot perut dan kaki, dan juga tulang.

Tips Olahraga untuk Pemula

Tips Olahraga untuk Pemula

Belum terbiasa berolahraga tapi ingin mulai mengubah gaya hidup? Tentu saja belum terlambat karena kesehatan adalah milik setiap orang. Namun, sebelum memulai olahraga tertentu, akan lebih baik untuk memperhatikan beberapa hal sehingga tujuan bisa kamu capai.

Perhatikan Langkah Awal dan Konsistensi

Tidak ada hasil yang bisa didapatkan hanya dalam satu malam. Artinya, kamu harus konsisten agar olahraga yang kamu lakukan memberikan hasil yang maksimal. Untuk melakukannya, kamu harus memperhatikan langkah awal sebagai pemula.

Buat Target yang Rasional

Biasanya, individu memiliki tujuan tertentu saat mulai latihan fisik. Ini memang baik karena akan menjadi motivasi, tapi pastikan target yang kamu buat rasional dan bisa dicapai.

Kreasi dalam Berolahraga

Dengan memperhatikan hal satu ini, kamu akan tetap merasa nyaman dan bersemangat untuk berolahraga sehingga tidak akan mudah merasa bosan. Cara ini juga membantu mengoptimalkan latihan di seluruh bagian otot tubuh.

Perhatikan Asupan Nutrisi

Rutin berolahraga bukan berarti kamu boleh makan apa saja sembarangan. Kamu tentu pernah mendengar istilah bahwa kita adalah apa yang kita lakukan dan apa yang kita makan. Dengan asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh, metabolisme tubuh menjadi lebih optimal.

Pastikan Tubuh Siap untuk Berolahraga

Memang benar jika berolahraga baik dan penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, akan tetapi jangan memaksa tubuh. Artinya adalah kamu harus memperhatikan kondisi tubuh dan pastikan tubuhmu memang siap untuk memulai aktivitas fisik.

Sebagai salah satu persiapan, pastikan tubuh terhidrasi dengan cara konsumsi air mineral sesuai kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa menyantap kudapan ringan yang sehat 1-2 jam sebelum olahraga.

Dengan mengetahui apa saya yang harus kamu persiapkan sebelum merutinkan diri untuk olahraga untuk pemula, kamu tahu apa yang harus dilakukan dan target yang harus kamu buat. Olahraga bukan hanya sekedar gerakan fisik agar berkeringat tetapi juga menjaga kondisi tubuh secara keseluruhan.

Sehingga kamu bisa terhindar dari cedera otot atau masalah kesehatan lain yang bisa terjadi karena kesalahan dalam berolahraga. Untuk artikel lain seputar gaya hidup dan kesehatan, jangan ragu untuk selalu mengunjungi teras artikel.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.