Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Perbedaan SEO dan SEM: Mana yang Lebih Baik?

perbedaan SEO dan SEM
Perbedaan SEO dan SEM: Yang Mana yang Lebih Baik?

Salah satu tujuan optimasi website adalah untuk mendapatkan peringkat hasil pencarian teratas. Namun, untuk melakukan hal tersebut, sebagian dari kamu mungkin masih bingung apakah kamu butuh SEO atau SEM. Lalu, apa sih perbedaan SEO dan SEM?

Yang perlu kamu tahu adalah baik SEO maupun SEM adalah strategi optimasi website agar website kamu berada di halaman teratas di hasil pencarian Google.

Apa Itu SEO?

Perbedaan SEO dan SEM: Yang Mana yang Lebih Baik
Gambar dari Flickr

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu upaya optimasi website dengan tujuan agar mendapatkan trafik tinggi dari hasil pencarian organik. SEO juga bisa membantu penggunanya untuk mendapatkan jenis trafik yang sesuai dengan tujuan website mereka. Untuk mendapatkannya, pastikan kamu selalu mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari, seperti Google.

Meskipun sebenarnya ada begitu banyak taktik SEO, namun secara umum SEO bisa kita bedakan menjadi dua, yaitu SEO On-page yang berfokus pada faktor-faktor yang terdapat dalam konten dan SEO Off-page yang menjadi taktik optimasi di luar konten atau website.

Apa Itu SEM?

Perbedaan SEO dan SEM: Yang Mana yang Lebih Baik
Gambar dari Unsplash

Untuk bisa mengetahui apa saja perbedaan teknik digital marketing SEO dan SEM, maka kamu harus terlebih dahulu tahu tentang SEM atau Search Engine Marketing.SEM adalah strategi marketing berbayar untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian Google.

Saat menggunakan SEM, pemasangan iklan menggunakan keyword yang berhubungan dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan demikian, Google akan menampilkan hasil pencarian berbayar saat pengguna internet mencari sesuatu dengan kata kunci yang sama atau serupa.

Perbedaan SEO dan SEM

Sudah tidak sabar untuk mengetahui apa perbedaan teknik digital marketing SEO dan SEM? Mengetahui perbedaan antara keduanya memang sangat penting, jadi kamu bisa tahu strategi mana yang sesuai dengan kebutuhan optimasi website.

Perbedaan SEO dan SEM: Yang Mana yang Lebih Baik
Gambar dari Pixabay

Ikon Iklan di Hasil Pencarian SEM

Karena SEM adalah strategi optimasi berbayar, maka hasil pencarian dari penerapannya akan berbeda dengan hasil pencarian SEO. Kamu bisa melihat ikon iklan di hasil SEM namun tidak di hasil SEO.

Teknik Optimasi Gratis Vs. Berbayar

SEO bisa menjadi strategi optimasi hasil pencarian dimana kamu tidak perlu mengeluarkan uang. Namun berbeda dengan SEM karena kamu harus punya anggaran khusus untuk strategi yang satu ini agar iklan terus ditampilkan Google. SEM ini adalah iklan yang berbentuk Pay Per Click (PPC).

SEM Memungkinkan Kamu Memilih Target Audiens

Baik SEO maupun SEM bertujuan untuk bisa memahami audiens dengan lebih baik lagi. Akan tetapi, kamu tidak bisa memilih target audiens saat menggunakan teknik Search Engine Optimization. Sedangkan SEM memungkinkan kamu memilih hasil pencarian berdasarkan beberapa hal, misal lokasi dan usia audiens.

Hasil SEM Lebih Cepat Dibandingkan dengan SEO

Meskipun hasil SEM lebih cepat dibandingkan SEO, namun tetap membutuhkan proses serta persaingan dengan pemasang iklan lainnya. Dengan kata lain, hasil SEM tidak serta merta akan langsung muncul sesaat setelah kamu memasang iklan.

SEM Pilihan yang Tepat untuk Testing

Seperti yang sudah dikatakan bahwa kamu bisa mengatur berjalannya iklan dari Search Engine Marketing. Ini memungkinkan kamu untuk mengetes apakah strategi marketing sudah berjalan dengan baik atau belum.

SEM juga memungkinkan kamu untuk mengganti judul iklan atau target audiens. Selain itu, kamu bisa merubah konten dari landing page untuk keperluan testing. Sayangnya, hal ini tidak berlaku untuk SEO karena akan butuh waktu yang cukup lama untuk bisa melihat hasil dan perbedaannya.

SEO Bagus untuk Jangka Panjang

Saat Anda tidak memiliki dana untuk memasang iklan, maka SEO tidak akan tampil di hasil pencarian. Strategi kamu berakhir saat kamu mematikan iklan tersebut. Sebaliknya dengan SEO karena SEO adalah strategi yang berkembang seiring berjalannya waktu. Hasil yang didapatkan juga bisa bertahan lebih lama.

Mana yang Lebih Baik: SEO atau SEM?

Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu mungkin bingung harus memilih yang mana. Jika masih belum yakin dengan pilihan terbaik kamu bahkan setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal.

  • Pertimbangkan kompetitor
  • Pengetahuan mengenai industri
  • Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya
  • Umur website menjadi faktor lain
  • Lihat status website

Setelah membaca artikel ini, setidaknya kamu tahu apa itu SEO dan SEM dan apa saja yang membedakan keduanya. Kamu bisa fokus pada keduanya terlebih jika website kamu masih seumur jagung. Dengan mengetahui perbedaan SEO dan SEM, kamu bisa memilih salah satunya atau menggunakan keduanya. Terlepas dari strategi apapun yang akan kamu gunakan, kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing dari Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing. Jika kamu butuh konten untuk kebutuhan optimasi website, jangan ragu untuk menghubungi kami yang dikenal sebagai penyedia konten SEO terpercaya.