Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

6 Tips Mengatur Keuangan untuk Anak Muda

tips mengatur keuangan

Berapa banyak uang yang kamu punya? Apakah sangat sulit untuk mengatur keuangan sehingga kamu tidak bisa menggunakan uang dengan bijak? Agar kamu tidak menyesal di kemudian hari, mulai terapkan tips mengatur keuangan mulai dari sekarang.

Mengatur keuangan memang susah-susah gampang. Uang terlalu sensitif dan tidak jarang bisa menjerumuskan pemiliknya jika tidak pandai menggunakannya. Untuk kondisi keuangan yang lebih sehat di kemudian hari, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Siapkan Anggaran Keuangan

Bagaimana cara kamu selama ini mengatur keuangan? Uang masuk dan uang keluar harus diatur dengan baik agar kamu tahu dari mana uang berasal dan kemana saja uang digunakan.

Saat hendak mulai mengelola keuangan dengan cara yang mudah, mulai ari menyiapkan anggaran. Dengan demikian, kamu memiliki acuan dalam setiap perhitungan finansial.

Dalam anggaran, kamu juga bisa memasukkan investasi. Mengetahui aspek apa saja yang dibutuhkan bisa membantu mengeluarkan uang dengan bijak. Artinya, kamu tahu apa saja yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Ini juga membantu kamu memulai disiplin dalam menentukan prioritas agar kondisi finansial terkelola dengan baik.

Menabung

Menabung berarti konsisten dalam menyimpan sejumlah uang secara rutin, misalnya setiap bulan atau setiap minggu. Kamu juga bisa mencoba menyimpan uang setiap hari. Coba mulai dari jumlah rendah hingga mulai terbiasa.

Ingat bahwa menabung bukan menyisihkan uang tapi menyimpan uang yang sudah dianggarkan setiap periodenya. Jika hanya menabung dengan cara menyisihkan, akan selalu ada alasan untuk melewatkannya atau memulainya nanti saja.

Jika memungkinkan, kamu bisa membuka rekening tabungan di bank terpercaya. Akan lebih baik untuk tidak menyimpan uang sendiri karena ini kurang aman dan cukup berisiko.

Belajar Mengendalikan Diri

Uang adalah benda mati yang tidak bisa bergerak dan berpindah dengan sendirinya. Maksudnya adalah uang akan cepat habis atau tidak tentu bergantung kepada pemiliknya.

Selalu ada godaan untuk menghabiskan dan menghamburkan uang. Itulah kenapa kamu butuh tips mengatur keuangan. Bukan tidak bisa tapi belum terbiasa! Mulai saat ini, coba belajar mengendalikan diri. Beli apa saja yang memang kamu butuhkan bukan inginkan.

Tidak salah jika sesekali membeli sesuatu sebagai self-reward asal tidak sampai kebablasan. Seperti disebutkan di poin pertama, kamu harus memiliki anggaran yang jelas sehingga ada acuan untuk setiap uang yang dikeluarkan.

Lalu bagaimana jika memiliki kartu kredit? Tidak ada larangan untuk menggunakan kartu kredit namun gunakan dengan bijak. Kartu kredit bisa sangat membantu di saat mendesak namun kamu sedang tidak memiliki uang.

Cari Penghasilan Tambahan

Selalu mempunyai uang yang cukup bukan hanya sebuah mimpi bagi kamu seorang karyawan yang mendapatkan uang dari sistem gaji bulanan. Kamu memiliki kemampuan tertentu misal desain grafis atau menulis?

Manfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan uang dari sumber lain. Memiliki penghasilan tambahan akan sangat membantu kondisi dan manajemen keuangan.

Atau kamu bisa mulai berinvestasi setelah mengetahui ilmunya. Investasi menjadi opsi banyak orang untuk mendapatkan uang. Kamu bisa memilih investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang sesuai dengan tujuan investasi kamu.

Hindari Hutang

Apapun jenisnya, hutang tetaplah hutang! Kamu punya kewajiban untuk melunasinya, belum lagi jika hutang tersebut memiliki bunga. Kamu harus membayar lebih dari jumlah yang dipinjam, bukan?

Berhutang bisa menjadi cara cepat untuk mendapatkan uang. Akan tetapi, ini bisa menjadi masalah di kemudian hari terlebih saat kamu tidak bisa melunasinya. Dalam mengaplikasikan pengelolaan uang untuk masa depan keuangan yang lebih baik, jangan mencoba berhutang jika tidak dalam keadaan mendesak.

Miliki Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang bisa kamu gunakan di saat darurat. Coba alokasikan sekian persen dari penghasilan yang kamu dapatkan. Dengan memiliki dana darurat, kamu bisa membiayai kebutuhan tertentu tanpa harus mengambil uang tabungan dan tanpa berhutang.

Sudah punya gambaran untuk mengatur keuangan? Kamu bisa menggunakan tips mengatur keuangan yang lain. Namun perlu diingat, pengaturan keuangan yang baik bukan bergantung pada tips dan cara yang digunakan tetapi pada konsistensi dalam penerapan cara tersebut.

Berapapun banyaknya cara dan tips yang kamu kumpulkan, tidak menjamin kamu akan berhasil mengatur keuangan jika tidak segera memulainya. Apalagi jika kamu tidak serius dan konsisten dalam implementasi cara tersebut.

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.