Flash Sale! to get a free eCookbook with our top 25 recipes.

Versi Android dan Perkembangannya dari Waktu ke Waktu

Versi Android

Saat ini, semakin banyak orang yang bergantung pada penggunaan ponsel terlebih smartphone. Salah satu sistem operasi dari produk smartphone yang banyak dikenal luas oleh masyarakat adalah Android. Seberapa jauh kamu mengenal Android dan seluk beluknya? Tahukah kamu ada berapa banyak versi Android yang sudah dirilis dan digunakan?

Singkat kata, Android merupakan sistem operasi mobile yang berdasarkan pada versi modifikasi dar Linux kernel dan software open source lainnya. Tujuan utama dari OS atau operation system ini untuk perangkat seperti tablet dan smartphone. Sama seperti sistem operasi lainnya, Android hadir dengan berbagai jenis atau versi. Selain itu, OS ini juga hadir dengan berbagai fitur dan kelebihan. Ini semua biasanya menjadi pertimbangan dan alasan mengapa begitu banyak orang yang tertarik memilih smartphone Android.

Pada mulanya, Android berawal dari Android Inc yang didirikan di tahun 2003, namun kemudian Google mengakuisisinya pada tahun 2005. Tepatnya, di tanggal 17 Agustus 2005. Saat ini, Google dan anak perusahaannya yaitu Android tidak pernah berhenti mengembangkan sistem operasi. Sebaliknya, mereka semakin gencar terlebih telah menguasai tidak lebih dari 72% pangsa pasar.

Transformasi Android kini sudah ada di berbagai perangkat mobile termasuk mobil, jam tangan, dan TV. Kebutuhan akan pengembangan aplikasi Android semakin besar karena Android berada di tengah pangsa pasar yang sangat besar.

Meskipun demikian, orang-orang menilai bahwa proses lebih berharga daripada kecepatan. Bukan tanpa alasan mengapa Android selalu memastikan bahwa setiap perilisan versi terbaru itu telah melalui proses panjang.

Sayangnya, tidak semua orang tahu keberadaan dan penggunaan berbagai versi Android dari versi yang pertama keluar hingga yang terakhir dirilis. Padahal versi sistem operasi pada smartphone juga berpengaruh terhadap pengalaman penggunaannya. Simak artikel ini yuk agar tahu sebenarnya apa saja kelebihan versi Android di hp yang sedang kamu gunakan.

Android 1.0 Alpha

Meskipun sudah dirilis pada September 2008, versi Android 1.0 Alpha ini tidak diperuntukan bagi kebutuhan komersil. Beberapa fitur dukungan dari versi ini adalah streaming youtube, Google map, web browser, media player, dan sinkronisasi berbagai aplikasi Google lainnya.

Mungkin, tidak banyak yang tahu bahwa sebelumnya versi ini akan diberi nama Astro. Sayangnya, ada masalah terkait hak cipta sehingga akhirnya nama Alpha yang digunakan.

Android 1.1 Beta

Beberapa bulan setelah peluncuran Android 1.0 Alpha, kita mendapati versi 1.1 Beta, tepatnya di bulan Februari 2009. Sayangnya, lagi lagi versi ini juga tidak dirilis untuk kebutuhan komersial dan hanya diperuntukkan bagi satu perangkat saja. Tujuan dari pembaruan ini adalah agar bugs bisa diperbaiki dengan lebih sempurna dan beberapa fitur bisa ditingkatkan. Disamping itu, ada fitur agar tombol panggilan bisa ditampilkan dan disembunyikan.

Android 1.5 Cupcake

Apakah kamu penyuka cupcake yang selalu memiliki tampilan yang cantik dan rasa yang manis? Jika iya, apakah ini menjadi alasan saat membeli smartphone Android versi ini? Ini memang bukan versi ketiga, tetapi diperkenalkan secara komersial di April 2009. Ini menjadi awal mula penggunaan nama makanan manis dalam setiap versi Android yang akan dirilis. Fitur yang dinikmati pengguna versi ini adalah widget, keyboard virtual, dan rotasi layar otomatis.

Android 1.6 Donut

Pencinta makanan manis mungkin memiliki kesenangan tersendiri saat membahas berbagai macam versi Android terbaik. Versi ini dirilis ditahun yang sama dengan versi cupcake. Dari perilisan pertamanya pada 15 September 2009, para pengguna menikmati semakin banyaknya fitur yang diberikan termasuk play store, yakni sebuah fasilitas pencarian di Android market. Jika kamu sudah menjadi pengguna Android dari 11 tahun silam, artinya kamu sudah lama menikmati keberadaan Google Play Store, kan?

Android 2.0 Eclair

Tanpa menunggu waktu yang cukup lama, versi terbaru diluncurkan di tanggal 26 Oktober 2009. Versi ini diberi nama Android 2.0 Eclair. Salah satu fitur yang melengkapi Android versi ini adalah multi-touch dan live wallpaper.

Android 2.2 Froyo

Tidak perlu menunggu sampai satu tahun, pengguna Android kemudian bisa menikmati versi 2.2 Froyo, yaitu di 20 Mei 2010. Versi ini seolah membawa keberuntungan bagi Android karena Android kemudian dikenal luas oleh pabrikan ponsel. Peningkatan fitur yang bisa dirasakan para pengguna adalah fitur USB tethering dan hotspot Wi-Fi.

Android 2.3 Gingerbread

Pada versi ini, Android semakin dikenal dan menjadi sistem operasi populer terlebih dengan adanya kerjasama dengan Samsung dengan merilis Samsung Galaxy Series. Di akhir tahun 2010, para pengguna Android bisa menikmati fitur dukungan NFC. NFC adalah singkatan dari near field communication. Ini merupakan fitur yang bisa digunakan untuk melakukan transfer file atau data dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa adanya penggunaan kabel.

Android 3.0 Honeycomb

Dua bulan kemudian, Android memperkenalkan versi 3.0 Honeycomb. Meskipun sudah mulai ada di Februari 2011, sayangnya versi ini khusus untuk perangkat tablet PC. Mereka yang menggunakan tablet untuk kepentingan bisnis tentu saja menyambut baik fitur untuk komputasi bisnis yang diberikan Android. Google talk adalah satu dari sekian banyak fitur yang melengkapi kehadiran Android versi ini.

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Mendengar namanya saja, kita sudah bisa membayangkan seperti apa itu Ice Cream Sandwich. Namun, kita tidak sedang membahas makanan, melainkan versi Android penerus yang diluncurkan pada Oktober 2011. Jika fitur dari versi sebelumnya hanya bisa digunakan untuk tablet PC saja, versi ini bisa berjalan di smartphone. Apakah kamu dulunya adalah pengguna Android versi ini?

Android 4.1 Jelly Bean

Dengan fokus pengembangana pada peningkatan performa tampilan antarmuka, versi ini dirilis di Juni 2012. Sebagai penggunanya, tentu kamutidak asing dengan pilihan untuk mengkostumisasi keyboard. User interface yang lebih lembut menambah deretan fitur dan kelebihan penggunaan Android versi 4.1 Jelly Bean, bukan?

Android 4.4 KitKat

Versi ini diperkenalkan secara resmi pada Oktober 2013. Fitur yang diberikan juga tentunya lebih baik karena peningkatan dilakukan secara optimal. WebViews berbasis Chromium merupakan salah satu fitur yang diberikan.

Android 5.0 Lollipop

Salah satu fitur yang tidak mengecewakan para pengguna Android versi 5.0 Lollipop adalah reset protection. Fitur ini didesain agar smartphone lebih terjaga, jadi tidak perlu di reset apabila smartphone kamu hilang. Versi ini hadir di tahun 2014 yaitu pada tanggal 25 Juni.

Android 6.0 Marshmallow

Setiap versi Android diharapkan memberikan beberapa keuntungan bagi para penggunanya. Salah satu keuntungan dari Android 6.0 Marshmallow adalah sensor fingerprint. Sistem operasi 5.0 dan versi-versi sebelumnya belum memiliki standarisasi perihal dukungan sensor fingerprint atau sidik jari.

Inilah mengapa hanya beberapa produsen smartphone yang mengembangkan produk ponsel dengan sidik jari. Alhasil, hardware sidik jari memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Di versi ini, semua produsen akhirnya bisa memproduksi smartphone dengan fingerprint yang memiliki standar yang sama. Hasilnya, tentu saja menjadi lebih optimal.

Android 7.0 Nougat

Dengan kehadirannya pada Oktober 2016, Android 7.0 Nougat memilih peningkatan performa user interface sebagai fokus utamanya. Kita sebagai pengguna bisa menggunakan lebih aplikasi secara bersamaan dengan memanfaatkan fitur multi-window.

Beberapa fitur yang tidak kalah menarik adalah mode malam dan dukungan panggilan multi-endpoint. Namun, perkembangan Android tidak hanya sampai sini.

Android 8.0 Oreo

Android memutuskan untuk menggunakan nama Oreo untuk versi 8.0 untuk peluncurannya pada bulan Agustus di tahun 2017. Untuk kemudahan akses aplikasi, user interface dibuat menjadi lebih simpel. Pengoptimalan proses booting bisa para pengguna Android rasakan yang sudah memperbarui ke versi Oreo ini.

Android 9.0 Pie

Dua tahun lalu atau sekitar bulan Agustus, Android 9.0 Pie hadir sebagai versi Android terbaru. Versi ini memiliki fitur unggulan yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa serta mempelajari pola pemakaian pengguna smartphone. Fitur ini bernama Al atau kecerdasaan buat yang bisa bekerja secara otomatis.

Android 10

Di versi ini, Android tidak memberi nama seperti beberapa versi terdahulu. Karena Android sudah hadir secar komersial selama satu dekade. Oleh karena itu, versi ini diberi nama Android 10.

Mungkin kamu sudah terbiasa dengan versi nama makanan manis. Salah satu fokus utama Android versi ini adalah penyempurnaan mode gelap atau mode malam.

Android Versi 11

Android 11 siap menjadi penerus Android 10. Bahkan orang-orang ramai memperbincangkan versi ini sebelum peluncurannya di Februari tahun ini. Kamu bisa menikmati berbagai fitur yang hanya hadir di Android versi ini.

Jika ingin menikmati fitur-fitur tambahan lainnya, maka pastikan bahwa smartphone yang kamu gunakan mendukung versi ini. Ini mungkin saja sejalan dengan keinginan untuk mengganti smartphone. Biasanya sistem operasi menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli handphone.

Setiap versi memberikan kesan yang berbeda termasuk bagi kamu. Versi Android yang mana sih yang lebih berkesan untuk kamu? Sekarang kamu jadi lebih tahu bahwa ternyata Android memiliki versi yang berbeda-beda. Satu hal yang pasti adalah produk smartphone yang ingin kamu beli belum tentu mendukung Android 11 ini.

Dengan kata lain, kamu tidak bisa menikmati fitur-fitur yang hadir di Android versi ini. Jadi, cermatlah sebelum membeli ponsel. Kamu bisa mulai melakukan riset dan bertanya untuk mengetahui produk smartphone apa saja yang mendukung update Android versi ini.

Sebenarnya, tidak masalah jika ponsel masih menggunakan Android versi manapun. Selama kamu masih merasa nyaman dengan versi yang kamu saat ini. Selama itu memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ponsel.

Satu yang pasti, kamu ketinggalan untuk mendapatkan pengalaman penggunaan Android yang lebih baik. Yang tentu saja semakin mendukung aktivitas di ponsel. Terlebih, jika kamu tidak bisa lepas dari smartphone yang sangat membantu pekerjaan.

Jika merasa penasaran, selamat mengupdate ke Android versi teranyar! Eits, terlebih dahulu silahkan cek apakah smartphone kamu memiliki jatah untuk bisa update versi ini. Biasanya para pengguna setia sudah mencari tahu hal ini jauh-jauh hari. Bahkan, sebelum Android perkenalan resmi versi 11. Sudah siap untuk menikmati semua fitur terbaru dari Android?

Noviisrn
A content writer and webtoon-addict who's born to find luck, create happiness, become a better version, love herself, and realize dreams.